Making of Arkana Balance Bike

Making of Arkana Balance Bike

Making of Arkana Balance Bike

Kepikiran Arka belom bisa naik sepeda.. pas kebetulan ada sepeda bekas kakanya, ka Femy warna pinky yang Arka ga mau naikin, katanya “ini mah sepeda anak perempuan ayah..” hehehe. Pikir dipikir dari pada tidak dipakai dan dibuang sayang, kenapa ngga di buat balancee bike yang agak “cowo” dan mungkin Arka akan suka.

Yuk kita lihat behind the scene proses pembuatan sepeda balance bike, di akhir artikel ada plan atau rancangan balance bike ini yang bisa di download kalo-kalo parents mau membuatnya juga.

Cari model motor untuk di desain

Setelah browsing pengen sebenernya bikin yang model-model motor chopper, tapi setelah di lihat-lihat model seperti itu udah lumayan banyak, akhirnya saya putuskan untuk cari yang model-model yang lebih klasik untuk balance bike-nya Arkana, dan pilihan jatuh kepada motor Honda jadul C-100 Super Cub

Proses design tracing dengan photoshop

Setelah gambar ketemu, langsung masukin ke ke photoshop dan di tracing bagian yang kira bisa di potong nanti menggunakan bahan triplek atau multiplek.

Modeling / pembuatan mock-up dengan kardus

Komponen dari balance bike yang udah di desain kemudian saya print dan potong dengan menggunakann kardus bekas untuk di buat mock-up nya dulu. Kenapa di buat mock-up dulu? sebenernya bisa aja langsung, namun model kecil terkadang membantu untuk menghindari atau mengurangi kesalahan-kesalahan yang munkin terjadi setelah kita mulai pada projek yang sebenarnya.

Dengan membuat model kecil dulu, saya bisa mengira-ngira mekanisme seperti apa yang nanti saya mau terapkan, seperti pada bagian stang, roda dll.

DANNN…. ternyata bener banyak yang salah dari designnya.

Terutama dari skala-nya, di design awala saya hanya tracing dari gambar asli dan lupa mengukur sepeda aslinya (sepeda bekas) untuk mendapatkan skala model yang benar. akhirnya setelah di ukur-ukur ini final design photoshopnya.

Let’s Begin.

Nah setelah ukuran, skala dan final designnya udah oke, saat langsung kita buat print skala aslinya dibagi dengan ukuran printer saya (A4) kemudia saya tempel sambung dengan lem di media multiplek untuk kemudian di potong sesuai design

Untuk bahan saya menggunakan triplek bekas 8mm yang di lapis 2 dengan cara di lem. Sedikit info dari saya, untuk bekerja dengan menggunakan bahan atau material bekas memang lebih hemat, namun yang perlu di pertimbangkan adalah waktu finishingnya mungkin membutuhkan effort yang lebih. Jadi kalo pengen projectnya cepet selesai, baiknya menggunakan material yang baik/baru.

Dibawah gambar kayu yang sepertinya butuh “sentuhan” tambahan untuk bisa selesai.

Namun apabila sayang untuk dibuang dan projectnya tidak ada deadline. baiknya gunakan aja, itung-itung olahraga, tangan ngamplas kayu hehehe

Jangan lupa untuk selalu menggunakan safety tools saat bekerja yah.

Finishing

Untuk bemper yang meliuk/melengkungnya nya itu , saya menggunakan papan MDF 5mm yang bagian dalamnya di gurat-gurat dengan pisau cutter kemudian dilem dan di klem mengikuti pola potongan spakboard motornya.

Setelah komponen jadi semua, ada baiknya kita asembly / rakit dulu sebelum kita cat

setelah semua oke baik dari segi ukuran dann mekanismenya, baru deh di cat. Untuk cat saya menggunakan cat Duco yang sebelum di cat kita dempul dulu, Nah ini bagian paling berat, ngedempul hehehe, ya kalo ngga untuk di jual asal yang penting ga terlalu kasar aja. (itupun tetep lumayan) hehehe.

Dan ini lah hasilnya. 

Not bad bukan? 

Selain anak bisa dapet mainan unik, kita juga bisa menggunakan bahan-bahan bekas yang tidak terpakai jadi lebih bermanfaat.

Download File Plan / Pola ARKANA BALANCE BIKE

 

 

Tambahkan komentar
aris

aris

Web Designer at Desain Bagus
Ayah dari Arka dan Femy, Web Designer & Programmer, seneng dengan DIY dari bahan apa saja, terutama kayu, Photography, Active Crypto Miner
aris

Latest posts by aris (see all)

Ayah dari Arka dan Femy, Web Designer & Programmer, seneng dengan DIY dari bahan apa saja, terutama kayu, Photography, Active Crypto Miner